Rabu, 07 Desember 2011

Wisata Kuliner di Pasar Malam

Well, akhirnya malam ini ada kesempatan buat saya jalan-jalan di pasar malam, biasanya saya kena penyakit malas :D. Pasar malam ini cukup dekat dengan rumah saya, biasanya pasar malam ini muncul saat rabu malam dan sabtu malam. Niat hati Cuma untuk menjernihkan pikiran ditengah hiruk pikuk keramaian pasar. Namun  selalu saja ada godaan di pasar malam, snack-snack yang sudah saya jarang makan (bukan karena sulit ditemukan, Cuma saya agak canggung membelinya) seperti pentol, tela, kue-kue hingga makanan berat.
Niat ingin membeli semua yang ada di depan mata, namun apa daya saya hanya membawa uang 10rb rupiah. Tapi siapa sangka dengan 10rb ini saya bisa membeli 4 jenis Snack yang tentunya sanagt lezat. Ok ini saya jabarkan sanack yang saya Pilih.


Tela-Tela
 Siapa yang tidak kenal tela-tela? Snack yang dibuat dari ketela/singkong dan dipotong menyerupai stick dan digoreng ditaburi bumbu  penyedap. Untuk yang ini saya memilih rasa Keju, dan tela tersbut di letakan di atas wadah menyerupai corong yang dibuat dari kertas nasi. Harganya cukup Murah, karena saya hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000,-. Menurutku segitu sudah cukup untuk saya, namun jika kurang anda bisa lebih banyak.

Mini Terang Bulan
Terang bulan-terang bulan itulah sebutan martabak manis di Samarinda ini. Menurut saya makanan ini menyerupai pancake, bedanya  pancake topingnya di luar sedangkan terang bulan topingnya di dalam. Harganya pun cukup murah, dengan Rp 2.000,- anda bisa menikamti terang bulan rasa coklat. Tapi perlu diingat jangan dibandingkan dengan terang bukan pada umumnya.

Pentol Goreng/ngebor
 Pentol ini sudha ada sejak saya kecil, pentol yang dibalutin telur kocok kemudian digoreng diatas wajan yang berlubang. Namun yang berbeda kali ini adalah dalam adonana telurnya di taburi daun bawang, jadi menambah rasa telurnya dan tidak lupa bumbu pedas kacangnya yang makin menambah rasa. Dengan Rp 3.000,- saya mendapatkan tiga tusuk, dengan setiap tusuknya terdapat 5 buah pentol.

Sate buah coklat 
Sate buah ini sebetulnya sederhana, ambil tusuk sate kemudian tusukan ke buah favorit anda dan lumuri dengan coklat pasta dan nikmati. Makanan yang baru ada lagi di dalam pasar malam kali ini,  harganya cukup murah hanya seribu pertusuk. Karena uang saya tinggal Rp.3.000,-, saya beli 3 tusuk dengan pilihan buah pir, melon dan pepaya. Rasanya lumayan, tapi jangan berharap rasa coklat yang pekat karena dilihat harganya sudah dipastikan coklat yang disajikan hanya coklat biasa.

Ok All... Ini hasil wisata saya di pasar malam semoga menjadi insporasi anda :D

Lokasi:
Pasar Malam

Harga:
Pentol goreng : Rp. 1.000,-/tusuk
Sate buah : Rp. 1.000,-/tusuk
Terang bulan coklat : Rp. 2.000,-
Tela-teka: Mulai dari Rp. 2.000,-

3 komentar: