Selasa, 06 September 2011

RM, Dayani (Ayam Panggang Bumbu Rujak)

Lagi-lagi saya ke rumah makan tanpa perencanaan. Awalnya saya mau makan di rumah makan Jepang bareng teman, namun apa daya rumah makan tersebut tutup. Dengan menyesal kita hendak kembali kerumah makan yang sudah sering jadi langganan kita. Namun ketika melintasi Jl. M. Yamin kami melihat sebuah rumah makan terbuka dan bertuliskan 'ayam panggang bumbu rujak. Karena melihat suasan tempatnya cukup nyaman dan pengunjungnya tidak terlalu banyak, saya langsung memarkirkan motor saya di parkiran rumah makan.

Ternyata benar suasananya cukup nyaman dan sangat berangin menjadikan tempat itu sangat menyegarkan. kami memilih duduk di luar bangunana dan duduk di kursi bukan di dalam dengan duduk lesehan. Tidak lama pelayan mengampiri kami dengan membawakan menu. Menu yang disodorkan cukup beragam, dari ayam panggang, nasi pecel hingga soto juga ada. Sedangkan minuman yang disajkan  dari es teh, es jeruk dana neka ragaman jus serta beberapa sanck seperti burger dan kentang goreng. Namun buat yang pengunjung mungkin sedikit tertipu dengan nuansa Rumah makan tersebut, karena mengira ini adalah caffe. Walau nuansanya seperti caffe, rumah makan ini menyajikan menu yang berlawanan dengan caffe. Menu makanan berat lebih banyak dari sanck dan kopi yang disajikan bisa dihitung jari.

Saya disini memesan ayam panggang bumbu rujak + es teh dan teman saya memesan minuman jus apel. tidak terlalu lama menu saya datang, ayamnya cukup besar dan dibalut bumbu rujak (seperti bumbu merah, agak pedas) danselain ayam ada sebuah tempe dan lalapan yang umum diganti urap. Nasinya juga cukup banyak dan enak tidak keras atau terlalu lembek. Untuk ayam bumbunya meresap, dagingnya empuk, sedangakan sambalnya cukup pas dengan bumbu rujaknya. tempenya juga dimasak dengan pas tidak terlalu kering dan urapnya juga cukup enak. Saya cukup puas dengan menu  hari ini, rasanya yang pas, harga tidak terlalu mahal namun sesuai dengan rasa dan porsinya. Oh iya saya memesan seporsi kentang goreng seharga Rp. 5.000,-  (cukup murah untuk sebuah kentang) walau porsinya cukup sedikit.

Ayam Panggang Bumbu Rujak
Kentang Goreng










Nasi dalam bakul jika yang mesan lebih dari dua 


Update (17 September 2011)
Nasi Pecel
Kali ini saya balik Ke rumah makan ini lagi, alasannya karena teman saya ngajak makan disini, karena penasaran dengan hasil liputan saya. Kali ini saya memesan satu  porsi Nasi pecel dari rumah makan ini. Dalam Nasi pecel ini terdapat Ayam Goreng tepung, Sambal Tempe, Sayur-sayur Seperti Kacang panjang, toge, bayam (saya agak lupa) yang ditutupi sambal kacang yang melimpah. Kalo saya lihat bumbunya seperti khas madiun, ada tampak daun jeruk di bumbunya. Dan rasanya sungguh bikin saya kelabakan, rasanya sungguh pedas sampai saya berulang-ulang minum (untung air putih gratis, kita bisa ambil sendiri). Mungkin yang suka pedas boleh mencicipin nasi pecel ini, karena lebih pedas dari nasi-basi pecel yang sudah saya cicipin di Samarinda.


harga
Ayam Panggang Bumbu Rujak : Rp. 13.000,-
Nasi Putih : Rp. 3.000,-
Nasi Pecel : Rp. 10.000,-
Soto : Rp. 14.000,-
Kentang goreng: Rp. 5.000,-
Burger : Rp. 9.000,-
es teh : rp. 3.000,-
Jus : Mulai Rp. 7.000,-

Lokasi:
RM. Dayani , Jl. M. Yamin (RRI), Samarinda

Penilaian
Kebersihan : 2/3
Kenyamanan : 2/3
Pelayanan : 1/3
Rasa : 2/3
Harga: 2/3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar